Mengenal Spesifikasi Komputer, Pengertian, Jenis, Dan Fungsinya

Di zaman canggih saat ini pasti setiap orang sudah tidak asing lagi dengan apa itu komputer. Hampir setiap hari waktu pekerja habis untuk berada di depan komputer. Komputer didefinisikan sebagai sebuah alat yang dapat melakukan proses perhitungan aritmatika dan pengumpulan data.

Komputer biasanya dapat digunakan untuk mengolah data atau bahkan ada yang menggunakan untuk gaming. Tentu dalam setiap komputer memiliki spesifikasi komputer sendiri, sama halnya komputer gaming yang memiliki spesifikasi komputer game sendiri. Untuk mengenal lebih dalam mengenai komputer, maka bisa simak penjelasan berikut.

Pengertian komputer

H:\Artikel All\PIC\toko-komputer2.jpg

Komputer merupakan seperangkat alat elektronik yang mampu menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya sehingga dapat menghasilkan informasi yang telah di olah sebelumnya. Komputer memiliki 3 elemen yakni Hardware (perangkat keras), software (perangkat lunas) dan sistem operasi lainnya yang bekerja sesuai perintah penggunanya.

Komputer mampu memasukkan data, mengolah data dan memberikan hasil data berupa informasi seperti teks, gambar, suara hingga video yang dioperasikan oleh penggunanya.

Fungsi komputer

H:\Artikel All\PIC\KOMPUTER (1).jpg

Komputer dikenal memiliki empat fungsi dasar diantaranya sebagai berikut:

  • Menginput data

Fungsi komputer yang pertama yakni menginput data. Komputer dapat menginput data dengan menerima informasi dari sumber lain berupa dokumen, foto, atau video. Adapun cara komputer menerima input melalui aktivitas keyboard, mouse dan lain sebagainya.

  • Memproses data

Setelah data di input data akan di proses di dalam komputer dimana data yang sudah diinput akan diolah untuk menghasilkan output. Data yang di proses dalam komputer bisa berupa teks, dokumen, foto atau video.

  • Output data

Setelah pemrosesan data selesai, biasanya pengguna membutuhkan output berupa informasi yang telah di proses di komputer. Output dapat disajikan berupa dokumen, printer, foto ataupun video.

  • Menyimpan data

Kemudian data yang sudah diinput biasanya akan disimpan oleh pengguna. Inilah fungsi lain dari komputer yakni untuk menyimpan data yang sudah diinput oleh pengguna. Data ini disimpan untuk kemudian digunakan kembali.

  • Memindahkan data

Selain itu, komputer juga berfungsi untuk memindahkan data dari komputer ke komputer lain dengan berbagai alat pendukung lainnya.

Komponen komputer

H:\Artikel All\PIC\komputer.jpg

Komputer memiliki komponen yang dibedakan dalam tiga kelompok yakni komponen Input, komponen Proses, dan komponen Output. Setiap komponennya terdapat spesifikasi komputer yang memiliki fungsinya masing-masing. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

  • Komponen input

Komponen input merupakan komponen yang termasuk ke dalam Hardware. Dimana komponen ini memiliki fungsi untuk memberi perintah berbagai tugas pengguna kepada komputer. Adapun komponen input terdiri atas: keyboard, mouse, Scanner, dan microphone.

  • Komponen proses

Komponen proses berfungsi untuk memproses atau mengolah data yang diberikan pengguna sebelum akhirnya disajikan dalam komponen output. Adapun komponen proses yaitu: Processor, Motherboard, Hardisk, dan RAM.

  • Komponen Output

Komponen yang terakhir ini biasa dilakukan setelah melalui proses input dan pengolahan data. Komponen output biasanya berupa informasi yang disajikan dalam bentuk dokumen, teks, foto ataupun video. Adapun komponen output adalah: monitor. Printer, dan speaker.

Jenis-jenis komputer

H:\Artikel All\PIC\Jenis Jenis Komputer.jpg

Saat ini komputer menjadi sebuah kebutuhan sehingga para ahli terus menciptakan jenis komputer dengan desain dan fungsi yang beragam untuk mempermudah kinerja penggunanya. Adapun jenis-jenis komputer antara lain sebagai berikut:

  • Personal computer (PC)

Personal komputer ini merupakan komputer yang hanya digunakan oleh satu orang saja. Kebutuhan komputer untuk menjalankan suatu tugas menjadi suatu hal yang lumrah baik untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas sekolah dan lain sebagainya.

  • Laptop

Jenis komputer yang ini merupakan komputer portable yang memangkas ukuran layar, keyboard hingga perangkat lain dalam komputer sehingga memudahkan untuk dibawa kemana-mana. Tidak hanya laptop saja, terdapat juga jenis komputer notebook yang memiliki fungsi sama dengan laptop. Baik laptop atau notebook keduanya memberikan banyak kemudahan bagi pengguna yang mudah dibawa kemana-mana.

  • Desktop

Desktop merupakan jenis komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Dimana komputer ini permanen di tempat tertentu. Seperti halnya komputer perkantoran yang terus berada di kantor. Komputer desktop dinilai memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan komputer personal (PC).

  • Komputer Server

Komputer server merupakan komputer yang sudah dioptimalkan untuk memberikan layanan kepada komputer lain melalui sebuah jaringan. Biasanya, komputer server ni memiliki performa yang kuat dan daya tampung yang besar serta RAM yang besar juga. Komputer server biasanya terhubung dengan jaringan pada beberapa komputer sehingga memiliki spesifikasi komputer server sendiri.

  • Komputer Gaming

Komputer gaming atau komputer game merupakan komputer yang biasanya khusus digunakan untuk hiburan seperti bermain game dan lain sebagainya. Komputer game biasa memiliki RAM yang besar dan performa yang kuat sama halnya dengan komputer server sehingga memiliki spesifikasi komputer game tersendiri.

Bagian-bagian komputer dan Fungsinya

H:\Artikel All\PIC\fungsi-bagian-bagian-komputer-image-kompieku-com.jpg

Ketika hendak merakit sebuah komputer, tentu Anda harus mengetahui apa saja bagian-bagian dari komputer. Karena setiap bagian dari komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda. Adapun bagian-bagian komputer yakni sebagai berikut:

  • Chasing

Chasing merupakan bagian terluar dari komputer yang berfungsi untuk melindungi semua perangkat penting yang membuat komputer dapat dioperasikan. Chasing biasa terbuat dari mika, dimana chasing ini sendiri memiliki perangkat keras seperti motherboard, power supply, transistor dan lain sebagainya. Dengan adanya chasing, maka perangkat lainnya akan terlindungi dari panas, benturan dan debu yang mampu mengganggu kinerja komputer.

  • Power Supply

Power supply merupakan sebuah perangkat komputer yang memiliki peran penting dalam menyuplai daya yang digunakan dalam menghidupkan serta menstabilkan kinerja komputer. Power supply mampu mengubah arus AC menjadi DC. Akan tetapi, power supply mudah mengalami kerusakan jika tegangannya terlalu rendah atau listrik yang sering tiba-tiba mati.

  • Motherboard

Motherboard merupakan bagian komputer yang berbentuk papan. Fungsinya sebagai pusat operasional komputer. Motherboard tersusun dalam berbagai komponen seperti CPU, VGA, hard drive, RAM dan lain sebagainya.

  • Monitor

Monitor merupakan bagian komputer yang mampu menampilkan berbagai program yang disajikan dalam bentuk teks, dokumen foto hingga video. Saat ini montor tersedia dalam berbagai ukuran dan model yang terus berkembang.

  • Keyboard

Keyboard merupakan bagian komputer yang berfungsi untuk menginput data. Jadi, data yang masuk dan diproses oleh komputer diinput melalui keyboard. Keyboard tersusun atas huruf, angka dan berbagai simbol perintal lain yang berguna untuk semua program pada komputer. Keyboard tersedia dalam berbagai jenis yakni keyboard USB kabel dan wireless.

  • Mouse

Mouse merupakan bagian komputer yang berguna untuk menjalankan perintah pengguna seperti men scroll, zoom in, zoom out dan lain sebagainya. Mouse juga tersedia dalam dua jenis yakni mouse USB kabel dan wireless.

  • CD/DVD ROM

Bagian komputer lain yakni ada CD/DVD ROM, fungsi dari bagian ini adalah untuk membaca kepingan CD/DVD. Bentuk dari bagian komputer yang satu ini yakni berbentuk persegi panjang dengan lubang ditengahnya yang dapat mendeteksi dan membaca kepingan CD/DVD.

Itulah penjelasan mengenai komputer, spesifikasi, jenis, bagian dan fungsinya.